8 Resep cara membuat pengharum ruangan alami sendiri DIY

review

5 / 5. 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Oktober 21, 2021
tutorial pengharum ruangan alami

Cara membuat pengharum ruangan berikut ini membuat ruang kamu punya sesuatu yang unik sekaligus menyegarkan. Seseorang yang sedang menelusuri ruang rumahmu akan bertanya “bau apa ini ?”, mungkin bingung kemudian dia akan mengendus dan mencari.

Di dalam rumah kamu mungkin terdapat banyak sumber bau kurang sedap. Ketika itu terjadi, kamu mungkin ingin segera menyemprotkan penyegar udara komersial atau menyalakan lilin, tetapi itu hanya untuk menutupi sementara. Kamu benar-benar harus sampai ke akar masalah untuk menghilangkan bau busuk dari rumahmu untuk selamanya.

Hari ini, kami punya delapan resep mudah untuk wewangian alami buatan sendiri untuk membantu menghilangkan bau kurang sedap dan menyegarkan rumah yang meliputi :

  1. Semprotan penghilang bau ruangan dan furnitur buatan sendiri
  2. Penyegar udara panci rebus
  3. Penyegar karpet
  4. Penyegar rumah dan mobil
  5. Diffuser ruangan alami
  6. Gel penyegar udara alami
  7. Semprotan penghilang bau sepatu
  8. Cakram penghilang bau

Semprotan Penghilang Bau Ruangan dan Furnitur Rumah

Resep sederhana ini mudah dibuat dan aman digunakan baik dengan cara disemprotkan ke udara atau disemprotkan langsung ke sofa atau kursi malas yang bau. Semprotan ini menggunakan minyak esensial favorit kamu. Jika belum pernah menggunakan minyak esensial, bisa dicari Cara Menggunakan Minyak esensial alami yang tidak beracun dan bermanfaat di Rumah. Berikut resep cepat dan mudah untuk menghilangkan bau ruangan dengan semprotan:

Resep

  • 1 sendok makan soda kue
  • 2-3 tetes minyak esensial – Kami suka lavender, lemon, jeruk, kayu manis, atau peppermint. Gunakan aroma yang kamu suka atau padukan untuk menciptakan aroma pribadimu sendiri.
  • Air sulingan atau air akuades

Cara Bikin

Campur soda kue dan minyak esensial secara menyeluruh. Menggunakan corong untuk menambahkan campuran ini ke botol semprot 8-12 ons. Tambahkan air suling untuk mengisi dan kocok dengan baik.

diy cara membuat pengharum ruangan

diy resep membuat pengharum ruangan

Penyegar Udara Panci Simmer

Untuk aroma tahan lama yang meresap ke seluruh rumah, cobalah resep panci mendidih. Gunakan ini di sekitar liburan musim dingin untuk menciptakan suasana yang hangat dan nyaman. Ini juga bagus di musim panas untuk menghilangkan bau keringat dan bau yang tampaknya datang dari mana-mana. Campur dan cocokkan bahan-bahan untuk mendapatkan aroma yang unik. Inilah resep dasarnya, tetapi kamu harus merasa bebas untuk mengubahnya:

Bahan

  • 1 jeruk, iris
  • 1 lemon, iris
  • 2 batang kayu manis
  • 4 cengkeh utuh
  • 1 daun salam, segar jika memungkinkan

Cara Penggunaan

Tambahkan semua barang ini ke panci sedang atau panci kuali kecil. Tambahkan air untuk mengisi sekitar setengah. Nyalakan kompor ke rendah dan biarkan mendidih sepanjang hari. Jika menggunakan panci tempayan, setel pada rendah dan biarkan menyegarkan udara. Periksa ketinggian air secara berkala dan tambahkan air sesuai kebutuhan.

Variasi: Coba tambahkan jarum pinus dan cranberry segar selama musim liburan. Gunakan lemon dan mint segar untuk aroma musim panas yang ringan. Lavender segar dan jeruk juga merupakan kombinasi yang bagus.

Pewangi Karpet

Jika saat ini kamu tidak punya soda kue sebagai pembersih alami di rumah, lebih baik dicoba. Mudah, tidak beracun, aman, murah, dan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat:

Bahan

  • 1 cangkir soda kue
  • 1 sendok makan kayu manis bubuk

Cara Mencampur

Campur kedua bahan ini dengan baik. Tambahkan ke wadah pengocok – dispenser keju parmesan yang bersih berfungsi dengan baik. Taburkan secara menyeluruh pada permukaan karpet dan diamkan selama 30 – 60 menit. Vakum seperti biasa. Karpet akan berbau bersih dan segar (dan keluargamu akan mengira baru saja membuat ramuan kayu manis yang lezat!)

Penyegar Rumah dan Mobil

Berikut cara mudah lain menggunakan soda kue untuk menghilangkan bau tak sedap. Stoples penyegar kecil ini sangat bagus untuk kamar mandi, lemari, ruangan mana pun di rumah, sungguh. Ini membuat pengharum mobil yang bagus juga.

Resep

  • cangkir soda kue
  • 4-6 tetes minyak esensial

Tutorial

Campur bahan dalam stoples kaca kecil. Buat lubang di tutupnya menggunakan paku dan palu atau jika menggunakan stoples jenis tukang batu, regangkan beberapa kain (kami suka menggunakan goni seperti pada kopi bali goni) di mulut stoples dan kencangkan dengan tutup cincin saja. Atur pewangi kecil ini di mana saja. Segarkan setiap beberapa minggu dengan 4-6 tetes minyak baru.

Diffuser Kamar Alami

Kamu tahu diffuser ? ruang minyak yang memiliki batang bambu di dalamnya? bisa lihat salah satunya di reed diffuser berikut. Inilah cara super sederhana untuk membuat diffuser ruangan sendiri hanya dengan beberapa bahan.

Bahan

  • Tusuk sate bambu kayu
  • Mrs. Meyer’s Clean Day All Purpose Cleaner (Lemon Verbena)
  • Toples atau gelas kecil

Cara Membuat

Cukup tambahkan pembersih secukupnya ke stoples atau gelas untuk mengisinya setengah. Ambil 8-10 tusuk sate bambu dan rapikan dengan ketinggian yang tepat, jika perlu. Potong ujung yang runcing dan pastikan tusuk sate tidak lebih dari dua kali tinggi gelas. Tambahkan tusuk sate ke gelas dan atur di mana pun kamu menginginkan aroma segar dan bersih.

Gel Pewangi Udara Alami

Berikut pilihan lain untuk penyegar udara yang dapat diatur di mana pun kamu membutuhkan udara yang disanitasi. Penyegar gel ini adalah pilihan yang baik jika memiliki anak kecil, remaja yang gaduh, suami yang kikuk, atau hewan peliharaan yang gila. Karena penyegar udara ini dalam bentuk gel, tidak bisa tumpah! Inilah yang dibutuhkan:

Resep

  • 20 tetes minyak esensial favorit
  • 2 sendok makan garam
  • 4 bungkus agar-agar tanpa rasa (pakai merk Knox atau biosa merek lain)
  • Air
  • Stoples makanan kaca kosong dengan tutup sekrup

Tutorial Langkah

Didihkan 1 cangkir air, angkat dari api, dan aduk perlahan minyak esensial dan garam. Lanjutkan mengaduk sambil menaburkan gelatin dengan hati-hati. Setelah larut, aduk perlahan dalam 1 gelas air dingin. Jangan mengaduknya dengan kuat atau akan berbusa dan membuat gel keruh.

Tempatkan stoples di atas loyang dan tuangkan campuran gelatin dengan hati-hati ke dalam setiap stoples. Pindah ke lokasi di mana mereka tidak akan terbentur atau kacau dan diamkan selama 2 hingga 3 hari untuk menyiapkan. Pada titik ini penyegar akan berbau sangat kuat tetapi jangan khawatir; aromanya akan melunak begitu kamu membuka tutupnya.

Putuskan berapa banyak penyegar udara yang akan digunakan segera. Buat 5-6 lubang di tutupnya menggunakan palu dan paku. Biarkan sisa tutupnya tanpa lubang agar aromanya tetap utuh selama penyimpanan. Untuk sentuhan yang lebih dekoratif, semprotkan cat tutupnya sebelum membuat lubang di dalamnya.

Resep ini akan membuat 4 hingga 5 penyegar ruangan 4 ons. Jika suka, kamu bisa menambahkan pewarna makanan ke dalam campuran air mendidih, minyak, dan garam untuk membuat penyegar gel berwarna-warni. Gunakan sampai isian gel menjadi kering dan mengkerut.

Semprotan Penghilang Bau Sepatu

Ini adalah bau yang menyerang hampir setiap rumah tangga. Inilah cara cepat untuk menyemprotkan sepatu yang bau itu:

Bahan

  • 2 sendok teh minyak esensial (minyak thyme atau tea tree paling baik)
  • 2 gelas air

Langkah

Aduk rata dan tambahkan ke botol semprot. Semprotkan sepatu secara bebas dengan campuran ini dan biarkan hingga benar-benar kering sebelum dipakai.

bagaimana pembuatan pewangi ruangan sendiri

bagaimana pembuatan pewangi ruangan sendiri

Penghilang Bau

Cakram kuat ini bekerja dengan baik di tempat sampah, ember popok, tas olahraga, dan lemari. Resep ini cukup untuk 24 cakram:

Resep

  • 2 cangkir soda kue
  • 1-2 gelas air
  • Beberapa tetes minyak esensial
  • Panci muffin silikon, cukup untuk 24

Cara Buat

Panaskan air hingga mendidih dan tambahkan minyak. Campur cairan perlahan ke dalam mangkuk berisi soda kue. Tambahkan cairan secukupnya saja untuk membuat pasta yang bisa dioleskan. (Semakin banyak air yang dicampur, semakin lama cakram mengering dan mengeras.) Sendokkan pasta ke dalam panci muffin silikon. Biarkan disk benar-benar kering. Ini mungkin memakan waktu beberapa hari. Setelah benar-benar kering, keluarkan cakram dengan hati-hati dari panci muffin. Simpan dalam toples atau kantong Ziploc sampai siap digunakan.

Letakkan disk di bagian bawah tempat sampah atau ember popok untuk menyerap bau. Disk yang ditambahkan ke tas olahraga atau loker gym mencegah bau busuk. Gunakan di mana pun bau tidak sedap cenderung membanjiri.

Dan begitulah—sembilan pewangi alami yang mudah dibuat yang akan membuat rumah beraroma segar dan bersih tanpa mengeluarkan uang untuk pengharum ruangan yang mahal. Cobalah beberapa teknik efektif ini dan tidak hanya akan menghemat uang, tetapi juga menghirup lebih sedikit bahan kimia dalam jangka panjang. Lebih baik untukmu, keluargamu, hewan peliharaan, dan dompet!

Untuk ide penyegar udara DIY lainnya, lihat: 6 Penyegar Udara Mudah yang Dapat kamu Buat di Rumah Sekarang Juga .

Beranda / 8 Resep cara membuat pengharum ruangan alami sendiri DIY

Tentang Summer's Fresh

Summer’s Fresh adalah Agen Resmi Summer Spring Tangerang Selatan. Meski kami official agent Tangsel, kami juga melayani kota lain seperti Bogor, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya hingga Denpasar, dan seluruh Indonesia

Metode Pembayaran

Kami menerima metode pembayaran Mandiri, BCA, BRI, dan hampir semua bank di Indonesia. Pembayaran lain termasuk OVO, GOPAY, hingga pembayaran melalui Indomaret.

Diskon

Dapatkan penawaran khusus dengan membeli 3 item dengan memasukkan kupon diskon3item atau pembelian 10 pcs dengan kupon joinreseller